Dapatkan 2 Link Dofollow aktif selamanya > Get Now!

Daftar Isi

Blogger Never Die, Ini 5 Manfaat Jadi Blogger di Tahun 2022

Dunia blogger bukan hanya sekedar ruang bagi mereka yang ingin gaya-gayaan dengan sebuah blog pribadi, tapi lebih dari itu
Blogger Never Die, Ini 5 Manfaat Jadi Blogger di Tahun 2022

Rahmatullah - Dunia blogger bukan hanya sekedar ruang bagi mereka yang ingin gaya-gayaan dengan sebuah blog pribadi, tapi lebih dari itu. Nyatanya banyak orang yang sering berselancar di Internet dengan berbagai kebutuhan informasi namun tak tahu siapa orang atau owner dibalik situs yang dikunjungi.

Blogger atau sebutan bagi mereka yang menjalankan sebuah blog, kegiatan nge-blog mulai booming di sekitar tahun 2000an, yang diawali peluncuran salah satu CMS blog populer saat ini yakni blogger.com pada tahun 1999 oleh Evan Williams.

Kenal Raditya Dika? Just for your information nih, Raditya Dika sebelum dikenal seperti saat ini juga awalnya seorang blogger loh. Tapi tentunya blogger berkelas. Di tahun 2007 saja dia berhasil mendapat penghargaan Indonesia Blog Award dan penghargaan The Online Inspiring dari Indosat berkat tulisan yang dia tulis di blognya.

Nah, blogger sebetulnya banyak ditinggalkan oleh mereka pemain lama yang lebih tertarik dengan Youtuber atau penggiat sosial media lainnya. Lantas apakah blog masih relevan dengan zaman sekarang di tahun 2022?

Berikut 5 manfaat menjadi blogger di tahun 2022 yang telah dirangkum untukmu yang ingin memulai aktifitas menulis blog.

Penyaluran Hobi Menulis

Jika kamu memiliki hobi menulis sepertinya ng-blog menjadi wadah yang sangat potensial mengembangkan bakat, karena tulisanmu tidak hanya menjadi hiasan buku yang tak dibaca orang. Akan tetapi menjadi bahan bacaan yang menarik bagi orang lain.

Prinsipnya kalau kamu menulis di blog maka besar kemungkinan tulisan dapat dengan mudah terbaca orang lain dengan kecanggihan teknologi internet saat ini.

Memang sih tidak semua orang yang menulis ingin tulisannya dibaca orang lain, tapi seorang penulis akan berharap tulisannya dapat bermanfaat untuk orang lain.

Tapi sebuah cerita pilu seorang blogger luka tapi tak berdarah karena tulisannya di caplok orang lain tanpa ijin bahkan tanpa sepengetahuannya pun tak bisa di hindari oleh seorang blogger.

Memiliki Koneksi Sesama Blogger

Blogger secara tak sengaja membangun sebuah ikatan antar sesama dengan alasan satu hobi, nah dari ikatan yang menjadi komunitas inilah kamu akan sangat terbantu. Mulai hal-hal yang kurang dipahami dapat di diskusikan dengan komunitas.

Tidak menutup kemungkinan kamu akan mendapatkan banyak teman lewat komunitas blogger, akan sangat banyak sisi positif jika kamu menjalin komunikasi dengan orang-orang yang berada jauh dari lingkunganmu.

Bebas Berekspresi

Berekspresi dalam artian penyampaian pendapat atau buah pikir agar bisa didengar oleh orang lain bisa dengan cara share ke blog, dibanding dengan media sosial lain blog memiliki tingkat kepercayaan yang lebih dimata pembacanya.

Bagi kamu yang senang dengan hal-hal kritis mungkin blog bisa menjadi wadah penyampaian pendapat yang efektif dan terkesan baik.

Selalu Update Perkembangan

Jika kamu terjun ke dunia blog maka harus siap untuk selalu update dengan perkembangan dan perubahan sekitar, misal kamu seorang penulis blog yang berkonsentrasi pada tema teknologi komunikasi.

Nah kamu harus selalu update untuk memberikan informasi terkait perkembangan teknologi terbaru, sehingga nilai dari tulisanmu benar-benar bermanfaat untuk orang lain.

Walaupun kamu bukan seorang penulis berita, tapi dengan blog informasi yang kamu sampaikan dapat menjadi acuan orang lain atau rujukan untuk mengetahui perkembangan teknologi.

Karena alasan itulah terdapat tuntutan untuk terus update dan tahu lebih awal sebelum suatu hal tersebut viral.

Mendapat Penghasilan Tambahan

Jangan pernah berpikir jika kamu menulis blog tidak mendapat apa-apa dari sisi finansial, blog bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah jika memang diseriusi. Mungkin kamu belum pernah dengar orang-orang yang bisa menghasilkan jutaan bahkan miliaran rupiah hanya dari blog saja.

Seorang blogger bisa memberdayakan blognya untuk berpenghasilan, blog yang ramai pembacanya bisa diikutkan pada program adsense google sebagai publisher iklan. Yang tentunya dibayar dengan uang.

Jika kamu fokus pada satu tema, maka akan datang berbagai tawaran untuk menulis tentang suatu produk atau dikenal dengan istilah tulisan review dengan konsep paid promote. Nah itu juga dibayar pastinya. Ya semacam endorse lah.

Kapan lagi bisa mendapatkan penghasilan tambahan hanya dari menulis blog? Kamu harus coba siapa tahu penghasilan tambahan justru lebih besar dari penghasilan utama kamu.

Akhir kata, itulah 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menjadi blogger di tahun 2022. Semoga bermanfaat dan jangan lupa komentarnya jika ada manfaat lain yang tidak disebutkan.

Blogger Aktif Sejak 2011 | Founder EkisPedia.com