Praktik Value Investing yang Pernah Dilakukan Sahabat Rasul

Value Investing

Rahmatullah.id - Value Investing, salah satu metode investasi diproduk keuangan yang paling banyak dilakukan oleh para investor terkenal di dunia. Sebut saja Warren Buffet, Charlie Munger, bahkan investor ternama di Indonesia seperti bapak Lo Kheng Hong.

Metode investasi ini dikenal sebagai metode membeli produk keuangan pada saat dimana nilai sebenarnya produk tersebut diatas harga pasar yang diperjualbelikan pada saat itu.

Misalnya saat kita tau ada harga rumah yang sebenarnya nilai asetnya di atas 1 Milyar, tapi karena satu dan lain hal, harga pasar rumah tersebut ada di harga 500 Juta. Jika kita punya uang 1M maka kita bisa punya rumah seharga 1M dan uang 500 jt.

Cara ini pernah dilakukan oleh sahabat Rasul yang bernama Urwah Al Bariqi, salah seorang pandai berdagang yang waktu itu mendapat amanah dari Rasul untuk membeli 1 ekor kambing dipasar dan Urwah dibekali dengan 1 Dinar.

Namun yang dilakukan oleh Urwah bukan membeli 1 ekor kambing melainkan justru Urwah berhasil membeli 2 ekor kambing.

Saat itu Urwah membeli kambing dari pedagang dari luar yang saat itu barang-barang yang dibawa menarik perhatian Rasul sehingga Rasul memerintahkan Urwah untuk membeli kambing yang dibawa mereka.

Saat perjalanan membawa 2 ekor kambing tersebut, Urwah bertemu seseorang yang ingin membeli salah satu kambing Urwah. Karena kepandaian berdagang dari Urwah, akhirnya 1 ekor kambing tersebut terjual senilai 1 Dinar.

Sehingga Urwah datang kembali ke Rasul dengan membawa 1 ekor kambing dan 1 Dinar. Rasul yang mendengar cerita dari Urwah langsung mendoakan Urwah agar selalu diberkahi setiap transaksi jual beli yang dilakukan.

Dikisahkan dalam kitab Sunan At-Tirmidzi, setelah Urwah mendapat doa tersebut, setiap perdagangan yang dilakukannya mampu mendapat laba cukup besar dan Urwah menjadi penduduk Kufah yang paling kaya waktu itu.

Cara yang dilakukan oleh Urwah bisa kita lakukan saat berdagang termasuk dalam melakukan jual beli produk keuangan dengan mencari produk yang dinilai oleh pasar dibawah nilai seharusnya.


Supported: Sharfin.id