Pentingnya Financial Freedom Sebelum Wafat

Financial Freedom

Rahmatullah.id - Financial freedom salah satu dari banyak tujuan yang ingin dicapai banyak orang dalam hidup. Orang mudah memahami financial freedom sebagai konsep rebahan dapat cuan.

Meskipun sebenarnya konsep rebahan dapat cuan tidak bisa langsung dikategorikan sebagai financial freedom tapi esensinya masih sama yaitu tidak pusing dengan kondisi financial yang ada. Kalau pas butuh, uangnya ada dan hidup jadi lebih damai.

Salah satu hal yang membuat keuangan damai tentunya aman dari sisi kewajiban. Kewajiban disini tentunya bisa dari kebutuhan hidup dan juga dari kewajiban pembayaran hutang. Seringkali orang tidak bisa merasa damai karena hutang yang melilitnya.

Hutang memang menjadi salah satu hal yang benar-benar dipikirkan, karena tidak hanya berpengaruh pada kepentingan duniawi, kepentingan ukhrawi pun bisa tergantung akibat hutang yang masih belum selesai di dunia.

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW bersabda, “Jiwa seorang mukmin itu tertahan oleh sebab hutangnya sampai hutang itu dilunasi” (Musnad Ahmad)

Jadi, persoalan hutang memang harus benar-benar dipikirkan. Namun bagaimana jika ternyata saat wafat masih meninggalkan hutang dan warisan yang ditinggalkan tidak cukup untuk melunasi hutangnya?

dead

Pertama, wali dari orang yang meninggal diperbolehkan meminta pengampunan dari pemilik harta hutang atas hutang yang sudah ada sebelumnya. Jika pemilik harta hutang tidak mau, maka keluarga wajib melunasi hutang tersebut. Namun jika tidak ada yang sanggup melunasi, maka negara yang menanggung pembayarannya melalui Baitul Maal (Masa pemerintahan Rasul dan Sahabat).

Di kondisi sekarang, tentunya negara mungkin tidak bisa hadir untuk menjadi penanggung pembayaran hutang. Tentunya itu menjadi tanggung jawab dari keluarga yang ditinggalkan. Padahal ada sunnah yang bilang meninggalkan ahli waris dalam keadaan kaya (berkecukupan) itu lebih baik.

Itulah Pentingnya Financial Freedom saat masih hidup sehingga tidak membebani orang lain saat sudah wafat.

Gimana? Masih punya hutang? Ayo segera dilunasin..

 

Supported: Sharfin.id