Miskin Jaman Now, Bayar Pakai Kartu Kredit

Miskin Jaman Now, Bayar Pakai Kartu Kredit

Rahmatullah.id - Ada yang menyebutkan kalau kategori miskin jaman now adalah makan yang bayarnya justru lewat kartu kredit. Kenapa? Karena kartu kredit itu kartu hutang. Emang bener?

Selama ini memang kata kredit selalu dikonotasikan dengan hutang. Padahal bukan seperti itu.

Menurut ilmu Financial Planning, kartu kredit ini sebagai alat bayar, bukan alat untuk berhutang. Karena justru akan sangat fatal jika menggunakan kartu kredit untuk berhutang.

Jadi sebenarnya ketika menggunakan kartu kredit, ada namanya tanggal jatuh tempo setiap bulannya. Disetiap tanggal jatuh tempo, nanti aka nada penghitungan total penggunaan dana dari kartu kreditnya. 

Pengguna bisa memilih, antara bayar dengan minimum payment atau dilunasi seluruh tagihannya. Kalau dilunasi seluruh tagihannya, maka tidak akan dikenai bunga.

Tetapi jika bayar dengan minimum payment, tentu baru kena bunga dan bunganya dihitung dari tanggal pasca jatuh tempo. Tentu ini sangat fatal sekali.

DSN MUI sendiri pun sudah memfatwakan halal menggunakan kartu kredit dengan ketentuan sebagai alat bayar dan akan dikenai fee dari penggunaan kartu kreditnya untuk biaya layanan.

Jadi kalau misalnya ada yang bilang kartu kredit itu kartu hutang, mungkin orang tersebut tidak paham skema detail dari kartu kredit. Karena sebenarnya banyak sekali manfaat kartu kredit.

Mau tau manfaat dari penggunaan kartu kredit?

 

Cek beberapa postingan sebelumnya:

 

Supported: Sharfin.id