Ads

JadiBerkah.id, Platform Digital untuk Pengelolaan Ziswaf

JadiBerkah.id

Rahmatullah.id - Dibentuknya Bank Syariah Indonesia (BSI) membawa harapan besar bagi ekosistem industri keuangan syariah agar bisa berkembang lebih jauh lagi, dan BSI berusaha membuktikan keseriusannya termasuk dalam mendukung pertumbuhan ZISWAF di Indonesia.

Digitalisasi seringkali digaungkan untuk bisa mempercepat penghimpunan dana ZISWAF sehingga BSI dengan bekerjasama bersama Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) mengembangkan platform One Stop Donation bernama Jadiberkah.id

Sampai saat ini, sudah ada 81 program ZISWAF yang ada di platform tersebut dengan total dana yang berhasil dikumpulkan mencapai kurang lebih 1 Miliar dari 1791 donatur.

81 program ZISWAF tersebut merupakan hasil kerjasama antara platform Jadiberkah bersama dengan 45 lembaga Nazhir maupun LAZ seperti Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, ACT, IZI dan masih banyak lagi.

Diharapkan dengan hadirnya platform digital untuk penghimpunan ZISWAF yang dikelola oleh BSI ini mampu menguatkan ekosistem industri keuangan syariah. Sampai saat ini, penghimpunan ZISWAF memang masih sangat kurang optimal.

BAZNAS sendiri menargetkan total penghimpunan dana untuk tahun 2021 mencapai 503 Miliar. Jumlah naik 30% dari total penghimpunan zakat tahun 2020 yang saat itu jumlahnya mencapai 385 Miliar.

Dari target penghimpunan sebesar 503 Miliar, BAZNAS juga menargetkan 30% dari angka itu didapatkan dari transaksi digital. Sebenarnya sudah banyak Nazhir dan LAZ yang mengembangkan platform digitalnya dan mereka juga aktif menjalin kerjasama dengan berbagai platform digital yang ada.

Namun, dari potensi Zakat sendiri mencapai 327 Triliun pada tahun 2021, Sejauh ini zakat yang mampu terhimpun masih di angka 71 Triliun atau hanya sekitar 21% dari total potensi yang ada. Itupun 85% dari total yang terhimpun dilakukan melalui Organisasi Pengelola Zakat tidak resmi.

Lalu, apakah dengan hadirnya platform digital yang khusus dikembangkan oleh BSI untuk menjadi One Stop Donation Platform mampu mengakselerasi penghimpunan dana ZISWAF?

 

Supported: Sharfin.id

Advertisement