Membedah Rencana IPO Bank Muamalat

Membedah Rencana IPO Bank Muamalat

Foto: katadata.co.id

Rahmatullah.id - Pionir industri keuangan syariah di Indonesia, Bank Muamalat, Tbk mengeluarkan pernyataan bahwa dalam waktu dekat mereka berencana akan melakukan IPO (Initial Public Offering) di Bursa Efek Indonesia.

Mungkin sebagian ada yang bertanya, Bank Muamalat ini statusnya sudah jadi perusahaan terbuka tapi kok sahamnya nggak tercatat di Perdagangan terbuka?

Jadi memang perusahaan terbuka sebelumnya tidak punya kewajiban untuk listing dipapan Perdagangan bursa, tapi perusahaan yang ingin mencatatkan dirinya dipapan Perdagangan bursa dan mendapatkan dana dari public wajib menjadi perusahaan terbuka.

Namun baru-baru ini OJK mengeluarkan kebijakan baru bahwa seluruh perusahaan terbuka wajib mencatatkan darinya di papan perdangan bursa jika akan melakukan penawaran umum bersifat ekuitas seperti Right Issue atau Private Placement.

Peraturan tersebut tertuang pada POJK No. 3/POJK.04/2021. Setelah terbitnya aturan tersebut, seluruh perusahaan terbuka yang belum mencatatkan darinya dipapan Perdagangan bursa wajib menaati peraturan dan diberikan waktu transisi paling lama 2 tahun sejak berlakunya POJK.

Sampai saat ini ada 6 perusahaan terbuka yang belum tercatat ke Perdagangan bursa, salah satunya Bank Muamalat. Kabar terbaru rencana IPO Bank Muamalat menunggu aksi korporasi Right Issue telah selesai. Rencana IPO Bank Muamalat ini sebenarnya sudah dari tahun 2011 namun belum terealisasi sampai sekarang.

Right Issue sendiri merupakan salah satu cata perusahaan mendapatkan tambahan permodalan dari pemegang saham lama. Bank Muamalat berencana melakukan Penambahan modal sampai dengan 1,1 Triliun dengan harga eksekusi Rightsnya di harga 30 Rupiah per lembar saham.

Saat ini pemegang saham terbesar dari Bank Muamalat, Tbk masih dipegang oleh Islamic Development Bank dengan porsi sebesar 32,74%. Bank Muamalat sendiri bisa dibilang mengalami penurunan kinerja dari 5 tahun terakhir. Di laporan keuangan tahunan 2020, Bank Muamalat hanya mampu membukaan laba bersih sebesar 10 Miliar, turun 30% lebih dari tahun sebelumnya.

So, jika Bank Muamalat IPO, tertarik untuk membelinya kah?

Yuk diskusi lebih lanjut khususnya untuk topik investasi syariah di event Sharfin.id pada tanggal 18 September daftar melalui link https://bit.ly/sharfinxipot


Advertisement