Ads

Bank Wakaf Mikro Semakin Menunjukkan Perkembangannya

Bank Wakaf Mikro

Rahmatullah.id - Bank Wakaf Mikro (BWM), salah satu inisiasi dari OJK untuk membantu masyarakat ultra mikro dengan pembiayaan berbasis dana wakaf semakin menunjukkan perkembangannya.

Bank Wakaf Mikro ini dibentuk dengan berkerjasama bersama Pondok-pondok pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia. Saat ini ada 61 Bank Wakaf Mikro yang hadir di Indonesia.

Konsep yang ditawarkan oleh Bank Wakaf Mikro ini pembiayaan berbasis ta’awun gotong royong dimana terdapat mentoring aktif dari pengurus BWM yang kebanyakan diisi oleh alumni ataupun pengajar dari Pondok pesantren yang bekerjasama.

Nilai pembiayaan yang diberikan melalui Bank Wakaf Mikro ini maksimal sebesar 1 juta. Tetapi jika secara kredibilitas nasabah sudah dirasa cukup baik, maka nilai maksimal pembiayaan bisa meningkat sampai 3 juta.

Dana pembiayaan ini diberikan BWM melalui support dari para donator maupun Lembaga amil zakat. Saat ini mayoritas masih dari BAZNAS, setiap tahun nilai pembiayaan yang disalurkan mengalami pertumbuhan.

Di tahun 2019, nilai pembiayaan yang disalurkan BWM mencapai 37 Miliar, bertumbuh di tahun 2020 mencapai 55 Miliar, dan di Q2 2021 mencapai 67 Miliar atau meningkat 20% lebih.

Nilai pembiayaan tersebut didapatkan dari total nasabah yang mencapai 4 ribu nasabah. Jumlah ini meningkat cukup signifikan dari 2019 yang hanya ada 28 ribu nasabah.

Perlu kita ketahui, saat ini ada 26 ribu Pondok pesantren di Indonesia. Perlahan ekosistem Pondok pesantren mulai diperhatikan. Denga dukungan BWM, lalu membangun ekosistem usaha dan permodalan juga.

Akankah cara ini mampu mengakselerasi pertumbuhan keuangan syariah?

 

Referensi:

  • 61 Bank Wakaf Mikro Telah Berdiri hingga Awal Juni 2021
    https://www.liputan6.com/bisnis/read/4576459/61-bank-wakaf-mikro-telah-berdiri-hingga-awal-juni-2021
  • OJK Catat Realisasi Pembiayaan Bank Wakaf Mikro Rp 67,4 M
    https://www.republika.co.id/berita/qudkq7423/ojk-catat-realisasi-pembiayaan-bank-wakaf-mikro-rp-674-m

 

Supported: Sharfin.id

Advertisement