Apa itu Corporate Waqf?

Apa itu Corporate Waqf?

Rahmatullah.id - Pertumbuhan industri keuangan syariah belum begitu pesat dan kencang, hal ini karena ekosistem keuangan syariah yang belum terbentuk dengan baik.

Namun menurut salah satu pelopor Industri Keuangan Syariah Indonesia, Ir. Adiwarman Karim optimis bahwa ekosistem keuangan syariah akan mulai terbentuk dengan baik di tahun 2022 hingga 2024. 

Untuk mendukung hal itu, menurut Bapak Adiwarman Karim bisa melalui pengembangan wakaf korporasi (corporate waqf) sehingga kekuatan dana sosial akan semakin besar dan ekosistem keuangan syariah menguat.

Menurut beliau, karena wakaf ini bisa memberikan banyak manfaat untuk umat mulai dari pengembangan ekonomi sektor riil maupun yang bersifat sosial maka perlu penerimaan yang besar juga agar bisa semakin membantu perekonomian kita.

Data terbaru Badan Wakaf Indonesia, potensi wakaf dengan realisasinya masih terpaut jauh. Wakaf uang sendiri potensinya sebesar 180 T namun realisasi yang diterima rata-rata setiap tahunnya kurang dari 1 Triliun.

Apalagi menurut Bapak Adiwarman Karim selama ini penghimpunan wakaf hanya dari per individual. Maka dari itu, Pentingnya mengenalkan konsep Wakaf Korporasi. Konsep wakaf korporasi ini terbukti sukses di beberapa negara seperti Malaysia dan Singapura.

Di Malaysia yang dikenal sebagai pelopor konsep wakaf korporasi ini adalah Johor Corporation (Jcorp) dimana Jcorp mewakafkan sebuah anak perusahaan yang mengelola aset-aset wakaf produktif dan menghasilkan keuntungan.

Permodalan awal dari induk usaha, sehingga ketika perusahaan tersebut terus berkembang, asetnya semakin banyak dan terus bisa menghasilkan keuntungan. Maka manfaat yang akan dirasakan oleh umat pun semakin besar karena mayoritas keuntungan dari perusahaan tersebut digunakan untuk umat. 

Dengan menerapkan konsep ini, harapannya ekosistem keuangan syariah bisa semakin kuat dan pertumbuhannya bisa semakin cepat.

 

Referensi:

  • Wakaf Korporasi, Sumber Pertumbuhan Baru Ekosistem Syariah RI
    https://www.cnbcindonesia.com/syariah/20210319114940-31-231375/wakaf-korporasi-sumber-pertumbuhan-baru-ekosistem-syariah-ri

 

Supported: Sharfin.id

Advertisement