Muslim VS Penjajahan (1900-1950)

muslim vs penjajahan

Rangkuman Sejarah

Politik Etis Belanda

Penjajahan panjang yang dilakukan Belanda membuat rakyat tertindas dan mengakibatkan perang berkepanjangan dengan rakyat. ini membuat Belanda berpikir untuk memperbaiki citra Belanda. maka dicetuslah Politik Etis atau Politik Balas Budi. Pada 17 September 1901, Ratu Wilhelmina yang baru naik tahta menegaskan bahwa pemerintah Belanda mempunyai panggilan moral dan hutang budi (een eerschuld) terhadap Nusantara, diantaranya:

  • Irigasi (pengairan), membangun dan memperbaiki pengairan-pengairan dan bendungan untuk keperluan pertanian.
  • Imigrasi yakni mengajak penduduk untuk bertransmigrasi.
  • Edukasi yakni memperluas dalam bidang pengajaran dan pendidikan.

Namun politik etis Belanda menyimpang dalam realitanya. Pengairan hanya ditujukan kepada tanah-tanah yang subur untuk perkebunan swasta Belanda. Sedangkan milik rakyat tidak dialiri air dari irigasi. Pendidikan yang dibuka untuk seluruh rakyat, hanya diperuntukkan kepada anak-anak pegawai negeri dan orang-orang yang mampu. Migrasi ke daerah luar Jawa hanya ditujukan ke daerah-daerah yang dikembangkan perkebunan-perkebunan milik Belanda.

Lahirnya Boedi Oetomo & Indisce Partij

Kalangan pendukung politik etis berusaha menyadarkan kaum pribumi agar mengembangkan diri menurut model Barat, mereka pun menebar paham-paham barat di sekolah-sekolah. Perlu diketahui bahwa Belanda mendirikan banyak sekolah di Hindia Belanda. Salah satu sekolah paling terkenal adalah Sekolah STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) yang dirintis mulai sejak 1849. dari sekolah STOVIA ini lahir perkumpulan Boedi Oetomo yang didirikan oleh Soetomo. Dari perkumpulan Boedi oetomo ini selanjutnya lahir Indische Partij oleh Douwes Dekker. Indisce Partij didirikan tahun 1912 oleh 3 serangkai : Douwes Dekker, Tjipto Mangunkusumo dan Ki Hadjar Dewantara. 

Lahirnya Organisasi-organisasi Islam 

Perlu diketahui bahwa sebelum Boedi oetomo lahir, sudah ada organisasi sosial kemasyarakatan berasas Islam, yaitu Jamiat Kheir. Pada awal mula didirikan tahun 1901 M, organisasi Jamiat Kheir lebih bersifat organisasi sosial kemasyarakatan, dimana tujuan awalnya dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, membantu fakir miskin, baik dalam segi material maupun spiritual. Kedua, mendidik dan mempersiapkan generasi muda Islam untuk mampu berperan di masa depan. Dan yang ketiga, menolong ummat yang lemah dalam sektor ekonomi. banyak yang menganggap justru jamiat Kheir-lah organisasi pertama kebangkitan nasional, karena keanggotaan Jamiat Kheir lebih merakyat, berbeda dengan Boedi Oetomo yang anggotanya berisikan Priyayi (bangsawan).

Bila dilihat dari anggota yang ikut berperan dalam tubuh organisasi Jamiat Kheir saat itu yang terdiri dari orang-orang pergerakan, baik dari kalangan ulama maupun dari kalangan cendikiawan muslim yang kemudian mereka dietapkan sebagai pahlawan nasional, seperti misalnya Haji Omar Said (HOS) Tjokroaminoto, Husein Jayadiningrat, Ahmad Dahlan dan lain-lain.

Raden Tjokroaminoto ini yang kemudian mendirikan Sarekat Islam, dan Tjokroaminoto ini pula yang menjadi Guru Soekarno. Sarekat islam nama awalnya adalah Sarekat dagang islam yang didirikan oleh Haji samanhudi. Organisasi Sarekat Dagang Islam (SDI) pada awalnya merupakan perkumpulan pedagang-pedagang Islam. Organisasi ini dirintis oleh Haji Samanhudi di Surakarta pada 16 Oktober 1905, dengan tujuan awal untuk menghimpun para pedagang pribumi Muslim (khususnya pedagang batik) agar dapat bersaing dengan pedagang-pedagang besar Tionghoa serta memberdayakan fakir Miskin.

Setelah menjadi Sarekat Islam, SI tidak membatasi keanggotaannya hanya untuk masyarakat Jawa dan Madura saja. Tujuan SI adalah membangun persaudaraan, persahabatan dan tolong-menolong di antara muslim dan mengembangkan perekonomian rakyat. Keanggotaan SI terbuka untuk semua lapisan masyarakat muslim. SDI & SI bertujuan membangkitkan ekonomi umat. namun sayang, SI yang begitu berjaya disusupi PKI yang dengki akan kesuksesan SI. Sampai-sampai SI terbelah dua menjadi SI Putih (Islami, pimpinan Cokroaminoto) dan SI Merah (Pro PKI).

Dalam bidang pendidikan, lahir organisasi Muhammadiyah (18 November 1912. tujuannya adalah memberikan pendidikan Islam kepada rakyat Indonesia, serta memberdayakan pendidikan mereka. menyusul Muhammadiyah, lahir organisasi Nahdlatul Ulama (NU) dengan pendirinya Hadratusy syaikh KH Hasyim Asy'ari pada tahun 1926. pada tahun 1937, kedua organisasi ini membentuk Majelis Islam A'la Indonesia (MIAI), yang merupakan pemersatu ormas-ormas Islam. KH Hasyim Asy'ari adalah pencetus organisasi ini. MIAI mengoordinasikan berbagai kegiatan dan menyatukan umat Islam menghadapi politik Belanda seperti menolak undang-undang perkawinan dan wajib militer bagi umat Islam. Setelah Jepang datang, MIAI dibubarkan dan digantikan dengan Masyumi. 

Asal-Usul Nama Indonesia

Semula, gagasan nama Indonesisch (Indonesia) diperkenalkan sebagai pengganti indisch (Hindia) oleh Prof Cornelis van Vollenhoven (orang Belanda). Sejalan dengan itu, inlander (pribumi) diganti dengan indonesiër (orang Indonesia). Pada September 1922, saat pergantian ketua organisasi "Indische Vereeniging" antara Dr. Soetomo dan Herman Kartawisastra organisasi ini berubah nama menjadi Indonesische Vereeniging (perhimpunan Indonesia). Mulai saat itulah istilah "Indonesier" dan kata sifat "Indonesich" sudah tenar digunakan oleh para tokoh Politik Etis.

Perang Pasifik (Belanda VS Jepang)

Perang dunia 2 membelah dunia menjadi 2 kubu:

  • Kubu Axis, (Nazi jerman, Italia, dan Jepang dan pengikutnya)
  • Kubu Allied, atau sekutu (Amerika, Inggris, Sovyet dan pengikutnya)

Indonesia terkena imbas perang dunia 2. pemerintah Belanda yang Sekutu diserang oleh Jepang. Antara tahun 1942 dan 1945, terdapat 4 wilayah Sekutu yang berperang melawan Jepang: Tiongkok, wilayah Samudra Pasifik, Asia Tenggara dan wilayah Pasifik Barat Daya. Jepang pun berhasil mencaplok seluruh wilayah Hindia Belanda (Nusantara). sejak saat itu Jepang berkuasa menggantikan Belanda. 

Pada zaman Jepang menempatkan golongan bumiputera di atas golongan Eropa maupun golongan Timur Asing, kecuali Jepang. Hal ini disebabkan oleh Jepang ingin yang mengambil hati rakyat Indonesia untuk membantu mereka dalam perang Asia Timur Raya. namun di waktu yang sama Jepang memberlakukan Romusha. Romusha (労務者 rōmusha: "buruh", "pekerja") adalah panggilan bagi orang-orang Indonesia yang dipekerjakan secara paksa pada masa penjajahan Jepang di Indonesia dari tahun 1942 hingga 1945. Kebanyakan romusha adalah petani. ribuan orang mati dan hilang. Jepang mulai menjarah beras.

Pada awal masa penjajahan Jepang (1942–1945), pemerintah Jepang sempat tidak memerhatikan tokoh-tokoh pergerakan Indonesia, Namun akhirnya, pemerintahan pendudukan Jepang memerhatikan dan sekaligus memanfaatkan tokoh-tokoh Indonesia seperti Soekarno, Mohammad Hatta, dan lain-lain dalam setiap organisasi-organisasi dan lembaga lembaga untuk menarik hati penduduk Indonesia. Pilihan satu-satunya yang dimiliki Soekarno dan Hatta adalah pura-pura bekerja sama dengan Jepang. Namun keterlibatannya dalam badan-badan organisasi bentukan Jepang membuat Soekarno dituduh oleh Belanda bekerja sama dengan Jepang. ormas-ormas Islam sempat dilarang oleh jepang, namun akhirnya diizinkan kembali.

Perlawanan Rakyat Terhadap Jepang

  • Peristiwa Cot Plieng, Aceh 10 November 1942. Pemberontakan dipimpin seorang ulama muda Tengku Abdul Jalil 
  • Peristiwa Singaparna, di bawah pimpinan KH. Zainal Mustafa, tahun 1943. Dia menolak dengan tegas ajaran yang berbau Jepang, khususnya kewajiban untuk melakukan Seikerei setiap pagi, yaitu memberi penghormatan kepada Kaisar Jepang dengan cara membungkukkan badan ke arah matahari terbit.
  • Peristiwa Indramayu, April 1944
    Peristiwa Indramayu terjadi bulan April 1944 disebabkan Romusha
  • Pemberontakan Peta di Blitar

Di Indonesia, Jepang melatih militer rakyat, misalnya PETA & Heiho. PETA (Pembela Tanah Air) adalah kesatuan militer yang dibentuk Jepang di Indonesia dalam masa pendudukan Jepang. Tentara PETA telah berperan besar dalam Perang Kemerdekaan Indonesia. Beberapa tokoh nasional yang dulunya tergabung dalam PETA antara lain mantan presiden Soeharto dan Jendral Besar Soedirman. Karena hal ini, PETA banyak dianggap sebagai salah satu cikal bakal dari Tentara Nasional Indonesia. Pada tanggal 14 Februari 1945, pasukan PETA di Blitar di bawah pimpinan Supriadi melakukan sebuah pemberontakan. Pemberontakan ini berhasil dipadamkan oleh Jepang.

Kemerdekaan Indonesia

Puncak peperangan Sekutu vs Jepang adalah pengeboman Hiroshima & nagasaki oleh Amerika. Jepang mengalami penurunan kekuatan material & moral. Momen ini pun dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya. Soekarno, Hatta selaku pimpinan PPKI dan Radjiman Wedyodiningrat sebagai mantan ketua BPUPKI diterbangkan ke Dalat, Vietnam untuk bertemu Jepang. Mereka dikabarkan bahwa pasukan Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.

Namun Golongan Muda ingin segera memproklamasikan Kemerdekaan, tidak mau kemerdekaan yang diberikan oleh Jepang. Pada dini hari tanggal 16 Agustus 1945, mereka menculik Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok. Tujuannya adalah agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta mau memproklamirkan Kemerdekaan. Singkat cerita, Soekarno setuju dan esoknya 17 Agustus 1945 pukul 10.00 kemerdekaan pun diproklamirkan. Indonesia memasuki babak baru.

Kedatangan Tentara Sekutu (Inggris dan Belanda)

Setelah merdeka, tentara jepang diperangi dimana-mana dan senjatanya dilucuti. banyak peristiwa heroik di sini. Indonesia masuk fase "Revolusi Nasional", melawan sisa-sisa tentara jepang dan kedatangan pasukan Sekutu. perjuangan ditempuh dengan 2 cara, fisik & diplomasi.

Pemerintahan Hindia Belanda telah menerima sepuluh juta dolar dari Amerika Serikat untuk mendanai usaha pengembalian Indonesia sebagai jajahan mereka kembali. Amerika, Inggris, & Belanda bersatu padu mencaplok Indonesia yang baru lahir. Selama sekitar empat tahun, beberapa peristiwa berdarah terjadi secara sporadis. Dalam peristiwa ini pasukan Belanda hanya mampu menguasai kota-kota besar di pulau Jawa dan Sumatera, namun gagal mengambil alih kendali di desa dan daerah pinggiran. Karena sengitnya perlawanan bersenjata serta perjuangan diplomatik, Belanda berhasil dibuat tertekan untuk mengakui kemerdekaan Indonesia.

Surabaya akan digempur Sekutu, Lahirlah Resolusi Jihad dari pimpinan NU, KH Hasyim Asy'ari untuk berjihad. Resolusi Jihad itu disambut Tentara, Ulama, santri & warga Jawa timur dengan pekikan Takbir, yang disuarakan oleh bung Tomo. di bandung para tentara bersama rakyat membakar habis kota Bandung (bandung lautan api), agar sekutu tidak bisa menjadikan Bandung sebagai Markas. Jendral besar Soedirman, guru dan ketua aktivis Muhammadiyah mengadakan perlawan gerilya di hutan-hutan dalam keadaan sakit. NU, Muhammadiyah, PERSIS dan berbagai elemen Islam yang tergabung dalam Partai Masyumi mengkomando laskar Jihad bernama Hizbullah & Sabilillah. Jendral Soeharto melakukan serangan umum 1 maret 1949 terhadap Yogyakarta yang membuat posisi Bangsa Indonesia dalam diplomasi diperhitungkan.

PKI adalah partai Komunis terbesar ke-3 di Dunia setelah Partai Komunis Sovyet dan Partai Komunis China. sebelumnya pada tahun 1948, PKI pernah melakukan pemberontakan di Madiun. tanggal 18 September 1948, Musso memproklamasikan berdirinya pemerintahan Soviet di Indonesia. Sejak saat itu, gerakan PKI ini semakin merajalela hingga menguasai dan menduduki tempat-tempat penting di Madiun.

Pemberontakan PKI

Pada tahun 1948 itu para pimpinan Masyumi dan PNI ditangkap dan dibunuh. Orang-orang berpakaian Warok Ponorogo dengan senjata revolver dan kelewang menembak atau membunuh orang-orang yang dianggap musuh PKI. Mayat-mayat pun bergelimpangan di sepanjang jalan. Bendera merah putih dirobek diganti bendera merah berlambang palu arit. Potret Soekarno diganti potret Muso.

Setelah Partai Komunis Indonesia tersingkir pasca-Peristiwa Madiun, September 1948, Partai Murba didirikan 7 November 1948 bertepatan dengan hari revolusi Rusia

Perjuangan dengan Diplomasi

Sementara dalam Diplomasi, para pejuang Diplomasi terus menggalang dukungan akan pengakuan Indonesia sebagai sebuah Negara. pemerintah Mesir adalah negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia atas desakan partai Ikhwanul Muslimin yang punya hubungan dengan M Natsir.

Setelah 3 kali perjanjian dengan Belanda (Perjanjian Linggarjati 1947, Perjanjian Renville 1948, dan Perjanjian Roem-Royen), akhirnya Belanda mengakui kedaulatan Indonesia pada Konfrensi Meja Bundar (KMB) pada tanggal 2 November 1949 atas desakan PBB. tapi itu belum selesai, karena belanda masih belum mengakui Irian barat. Irian barat (papua) baru berhasil direbut dengan operasi militer TNI bernama Trikora pada tahun 1962.

 

---------- 
"Allahu Akbar ! Allahu Akbar ! Allahu Akbar ! Merdeka !" - Orasi Bung Tomo -

Advertisement