Ekonomi Indonesia Tumbuh 7,07% YoY! Benarkah Sudah Terbebas dari Resesi?

Ekonomi Indonesia Tumbuh

Rahmatullah.id - Hari ini Badan Pusat Statistika (BPS) mengumumkan bahwa ekonomi Indonesia di Q2 2021 tumbuh 7,07% YoY dan angka ini merupakan pertumbuhan ekonomi tertinggi sejak tahun 2004.

Tentu angka pertumbuhan ini membuat Indonesia keluar dari resesi, angka PMI Index pun cukup tinggi yaitu di angka 56,6. Pemerintah Indonesia sebenarnya menargetkan pertumbuhan GDP di angka 6,9% namun ternyata hasilnya sedikit melampaui target.

Namun kita jangan sampai terlena dan menganggap bahwa ekonomi masih cukup baik, karena data yang dirilis merupakan data Q2 sebelum kasus covid meledak kembali dan PPKM darurat diberlakukan.

Selain itu, kita juga perlu waspada dengan Low Base Effect yaitu dampak dari penurunan yang sangat tajam di tahun sebelumnya dimana pada periode yang sama tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia di angka minus 5,32%.

Secara kumulatif, pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 3,1% pada semester 1 2021. Pertumbuhan ekonomi yang positif ini pun juga dirasakan negara-negara tetangga.

Apakah Artinya Krisis ini Bisa Segera Berakhir?

Sebelum beredar video bahwa banyak pelaku usaha yang mengibarkan bendera putih tanda menyerah akibat adanya PPKM yang berkelanjutan. Ini pun dilakukan agar bisa segera menanggulangi meledaknya kasus covid akhir-akhir ini.

Jadi jangan sampai pengumuman perbaikan ekonomi kita di Q2 membuat kita terlena bahwa kita merasa sudah benar-benar terbebas dari krisis. Karena masih banyak sektor-sektor usaha yang belum benar-benar pulih akibat krisis ini.

Semoga ekonomi bisa segera benar-benar pulih dan kesehatan warga juga tetap terjaga.

 

Supported: Sharfin.id

 

Referensi:

  • Ekonomi Indonesia Triwulan II 2021 Tumbuh 7,07 Persen (y-on-y)
    https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/08/05/1813/ekonomi-indonesia-triwulan-ii-2021-tumbuh-7-07-persen--y-on-y-.html

Advertisement