Ads

Arab Saudi Tertarik Berinvestasi ke Bank Syariah Indonesia Melalui Skema Right Issue, Apa itu?

Arab Saudi Tertarik Berinvestasi ke Bank Syariah Indonesia

Rahmatullah.id - Ada kabar baik yang sedang beredar dimana pemerintah Arab Saudi tertarik berinvestasi ke Indonesia melalui SWF Indonesia dimana project SWF yang ditawarkan yaitu investasi di PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk (BRIS).

Investasi ini dikabarkan akan dilakukan melalui skema Right Issue yang akan dilakukan oleh PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk

Kabar Right Issue ini sebenarnya sudah ramai dibicarakan sejak awal terbentuknya Bank Syariah Indonesia dimana sebagai perusahaan publik yang tercatat di BEI wajib memenuhi aturan fee float (pemegang saham publik) minimal 7.5% sedangkan BSI belum memenuhi hal tersebut.

Sebenarnya Apasih Right Issue itu? Apakah Menguntungkan Bagi Investor? 

Right Issue merupakan skema penerbitan saham baru yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk ditawarkan kepada investor lama atau penerbit saham sebelumnya. Namun ini sifatnya HAK, artinya investor lamapun berhak menolak untuk melakukan pembelian saham baru tersebut.

Biasanya Right Issue ada rasio tertentu yang dijadikan aturan, misalnya rasio 1:2 yang artinya setiap investor yang punya 1 lembar saham berhak melakukan pembeliaan sebanyak 2 lembar baru yang diterbitkan.

Lalu dimana Sisi Menariknya?

Menariknya ada diharga penebusan saham barunya dimana harga tersebut berbeda dengan harga dipasar reguler biasanya. Bisa lebih tinggi bisa lebih rendah. Jika harga tebus lebih rendah, artinya kita bisa punya saham tersebut lebih banyak diharga yang jauh lebih murah. Namun tentu ada perhitungannya.

Jika ternyata harga tebusnya lebih tinggi, ada kecenderungan pergerakan harga saham di pasar reguler akan naik mendekati harga tebut Right Issuenya (tidak selalu).

Karena ini merupakan hak, maka jika investor lama tidak menebus right issue jatahnya akan diberikan kepada investor lain atau biasa disebut standby buyer. Efeknya adalah jumlah saham dan nilainya akan terdilusi (mudahnya menurun dari nilai awal). Maka dari itu perlu dicermati dengan baik bagaimana cara mendapat untung dari aktivitas Right Issue ini.

Salah satu caranya adalah dengan menghitung nilai teoritis harga saham pasar reguler setelah dilakukannya Right Issue sehingga kita bisa menghitung potensi keuntungannya.

 

Referensi:

  • Arab Saudi Tertarik Investasi di BRIS, Bisa Masuk Lewat Rights Issue
    https://hotstock.id/web/insights_read/arab-saudi-tertarik-investasi-di-bris-bisa-masuk-lewat-rights-issue 
  • Bank Syariah Indonesia (BRIS) Cari Investor Asing, Rights Issue jadi Opsi
    https://finansial.bisnis.com/read/20210203/231/1351736/bank-syariah-indonesia-bris-cari-investor-asing-rights-issue-jadi-opsi 
  • Rights Issue, BSI Bidik Rp7,15 Triliun di Pasar Modal
    https://ekbis.sindonews.com/read/360490/178/rights-issue-bsi-bidik-rp715-triliun-di-pasar-modal-1615370617
 
Supported: Sharfin.id

Advertisement